Sistem Pendidikan Pesantren

Pendidikan Pondok Pesantren memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan bangsa Indonesia. Selain berpengaruh, Lembaga Pendidikan Islam juga menjadi begitu popular dan menjadi salah satu wadah menimba ilmu agama yang paling diminati. Pondok Pesantren tidak hanya menjadi lembaga pendidikan tertua di Indonesia dengan keilmuan Agama Islam sebagai dasar kurikulum yang diberikan, ini juga menerapkan disiplin yang tinggi bagi para siswa atau santrinya.

Dalam perkembangannya kini, Pondok pesantren tidak hanya memberikan pendidikan ilmu agama Islam, tetapi juga sudah memberikan ilmu di sekolah biasa pada umumnya. Tidak salah bila saat ini telah banyak Pondok pesantren yang telah memiliki predikat sebagai lembaga pendidikan terbaik di Indonesia dan menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas.

Para orang tua umumnya lebih memilih Pondok pesantren sebagai pilihan terbaiknya untuk putra-putrinya dalam mengenyam pendidikan formal. Sebab, Pondok Pesantren tidak hanya fokus memberikan keilmuan agama Islam, tetapi juga pendidikan regular pada umumnya. Penerapan disiplin yang sangat tinggi juga menjadi alasan bagi para orang tua untuk lebih memilik Pondok Pesantren. Harapannya tentu saja mendapatkan bekal dunia dan akhirat secara seimbang.

Sebaran Pondok Pesantren di Indonesia sangat luas mulai dari Sabang sampai Merauke dan umumnya saat ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang modern dalam menunjang kurikulum pendidikannya. Predikat pondok Pesantren Moderen pun telah banyak melekat dalam pemberian kurikulumnya, namun ada juga yang masih mempertahankan sistem pendidikan murni atau salafnya, yakni hanya mengkaji ilmu agama saja.